SARANA ADVOKASI & EDUKASI

"FIGHT TO SAVE PMI TAIWAN"

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BP2MI, Agar Selalu Waspada! ~

30 January 2017

Piket Selama Liburan Imlek 2017 (Part 2)




Taipei, KDEI (29/01) – KDEI di Taipei melaksanakan piket di hari ketiga liburan Imlek.
Taipei Aktivitas piket hari ketiga (29/01/17)  di Taipei tepatnya di seputaran Taipei Main Station. Pemantauan diawali di area TMS dilanjutkan dengan kunjungan ke toko Indo dekat TMS. Tampak beberapa kelompok orang berkerumun (didominasi TKI) yang puncaknya pada hari Minggu menjadi pemandangan yang lazim di TMS.
Dalam kunjungan lapangan ini KDEI di Taipei sempat berdiskusi dan menerima pengaduan maupun konsultasi dari beberapa TKI. Umumnya masih mempertanyakan tentang proses kebijakan baru tentang perpanjangan tanpa pulang yang menurut mereka terkesan ribet dan dikeluhkan adanya pembayaran yang tinggi dalam proses perpanjangan kontrak. Dalam kunjungan ini dijelaskan tentang mekanisme  perpanjangan kontrak tanpa pulang yang sudah berlaku sejak 5 November 2016 tersebut. Dalam prosesnya diharapkan TKI dapat mengurus Perjanjian Kerja (PK) pada pada KDEI di Taipei. Dan disampaikan juga bahwa dalam proses perpanjangan PK tersebut tidak dipungut biaya jasa perpindahan.
Bila ada permasalahan lebih lanjut dapat disampaikan ke KDEI di Taipei untuk follow up lanjutan. Selain itu semua WNI/TKI disampaikan agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban khususnya selama liburan.

Dokumentasi : 




Sumber : Website KDEI di Taipei