SARANA ADVOKASI & EDUKASI

"FIGHT TO SAVE PMI TAIWAN"

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BP2MI, Agar Selalu Waspada! ~ Waspada Virus Covid-19, patuhi protokol yg ditetapkan pemerintah

08 August 2022

KDEI TAIPEI BERPARTISIPASI DALAM KEGIATAN PEMBAHARUAN MODUL ORIENTASI PRA-PEMBERANGKATAN (OPP) CPMI KE TAIWAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH INTERNATIONAL ORGANIZATION OF MIGRATION (IOM)

Selasa, 3 Agustus 2022, International Organization of Migration (IOM), United Nation (UN) menyelenggarakan acara terkait pembaharuan Modul Orientasi Pra-Pemberangkatan (OPP) penempatan PMI ke Taiwan. Acara dilaksanakan secara daring dibuka oleh Programme Manager IOM Indonesia, Mr. Sebastien Reclaru. Acara dihadiri juga oleh beberapa anggota Satgas PMI KDEI Taipei dan perwakilan organisasi PMI di Taiwan.

Perwakilan IOM Indonesia dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan adalah dalam rangka untuk memperbaharui modul OPP bagi PMI yang akan bekerja ke Taiwan. Dijelaskan juga bahwa modul OPP dimaksud telah dikoordinasikan sebelumnya dengan BP2MI. Selanjutnya, IOM Consultant dalam presentasinya memaparkan bahan modul A sampai dengan modul E yang sedang dikembangkan sehingga membutuhkan masukan dari KDEI Taipei dan PMI di Taiwan.

KDEI Taipei memaparkan terkait Peraturan Perundang-undangan di Taiwan, Perjanjian Kerja, Budaya dan Adat Istiadat, Mental Kepribadian, Narkoba, Kondisi Kehidupan di Taiwan serta Kondisi terkini COVID-19 di Taiwan. Pada sesi terakhir dilakukan diskusi dan sharing pengalaman terkait bekerja di Taiwan oleh peserta kegiatan.

IOM menyampaikan ucapan terima kasih kepada KDEI Taipei atas kesediaannya memenuhi undangan, menyampaikan paparan dan memfasilitasi para PMI untuk turut menghadiri kegiatan.