SARANA ADVOKASI & EDUKASI

"FIGHT TO SAVE PMI TAIWAN"

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BP2MI, Agar Selalu Waspada! ~

03 January 2024

Berapa Gaji PMI di Taiwan

Source: Google image

Sobat Migran!

Berapa besaran gaji PMI di Taiwan ? Simak info berikut:

Bagi PMI Reguler (Baru datang dari Indonesia dan Perpanjang Kontrak Tanpa Pulang):

Untuk PMI Sektor Formal dalam hal ini bagi pekerja manufaktur, konstruksi, nelayan, panti jompo, pertanian adalah mengalami kenaikan pada 1 Januari 2024 menjadi NT$ 27.470. Cek juga pengumumuman KDEI Taipei di sini atau baca perkembangan gaji dari tahun ke tahun di sini

Sedangkan bagi PMI Sektor Informal saat ini menjadi NT$ 20.000, baca juga di sini atau disini


Bagi PMI jenis PTM (Pekerja Teknis Menengah):

(1) Sektor Formal: Pekerjaan penangkapan di laut tingkat menengah, pekerjaan manufaktur tingkat menengah, pekerjaan konstruksi tingkat menengah, pekerjaan penjagalan tingkat menengah, pekerjaan perluasan pertanian tingkat menengah, pekerjaan pertanian tingkat menengah (termasuk pekerjaan agrikultural, perhutanan, peternakan dan budi daya perikanan): gaji reguler bulanan mencapai NT$ 33.000 ke atas atau total gaji tahunan mencapai NT$ 500.000 ke atas. Namun, pelajar ekspatriat pertama kali diajukan permohonan untuk dipekerjakan oleh pemberi kerja, gaji reguler bulanan mencapai NT$ 30.000 ke atas, sewaktu kedua kalinya mengajukan permohonan dipekerjakan, gaji reguler bulanan harus mencapai lebih dari NT$ 33.000 ke atas.

(2) Sektor Formal: Pekerjaan institusi perawatan  tingkat menengah: gaji reguler bulanan mencapai  NT$ 29.000 ke atas.

(3) Sektor Informal: Pekerjaan perawatan rumah tangga tingkat menengah: total gaji bulanan mencapai  NT$ 24.000 ke atas.


Bagi PMI Profesional dengan keahlian khusus:

Pekerja migran asing harus memiliki salah satu dari kualifikasi berikut sebelum melakukan pekerjaan khusus atau teknis:

  1. Memperoleh sertifikat atau kualifikasi operasi melalui prosedur yang ditentukan dalam Panduan Ujian Profesi dan Teknisi Khusus, seperti dokter atau pengacara.
  2. Memperoleh gelar Master atau lebih tinggi dari universitas di ROC atau di luar negeri atau memperoleh gelar Sarjana dan memiliki pengalaman kerja lebih dari dua tahun di bidang tertentu.
  3. Ekspatriat ke ROC yang telah bekerja di perusahaan multinasional selama lebih dari satu tahun.
  4. Spesialis yang telah dilatih secara profesional atau otodidak di bidang tertentu dan memiliki pengalaman lebih dari lima tahun dalam keterampilan terkait dan telah menunjukkan kinerja yang luar biasa. (Catatan: Kementerian telah menetapkan prosedur konsultasi untuk ekspatriat sebagai pekerja profesional dan terampil yang dibebaskan dari persyaratan pengalaman kerja lima tahun. Namun, mereka yang diakui sebagai perusahaan rintisan dengan kemampuan inovasi tidak tunduk pada batas pengalaman kerja selama lima tahun).

Jumlah gaji rata-rata bulanan untuk PMI yang dipekerjakan, jika tidak ada peraturan tambahan, tidak boleh kurang dari NT$47.971.  


Terima kasih semoga bermanfaat !