SARANA ADVOKASI & EDUKASI

"FIGHT TO SAVE PMI TAIWAN"

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BP2MI, Agar Selalu Waspada! ~

13 February 2017

BMI Taiwan Menjalani Orientasi Mahasiswa Baru 'Universitas Terbuka' Tahun 2017

Minggu, 12 Februari 2017, bertempat di Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, 65 Buruh Migran Indonesia (BMI) di Taiwan menjalani Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB). Mahasiswa baru tersebut mengambil jurusan Managemen (26 orang), Ilmu Komunikasi (15 orang) dan Bahasa Inggris (24 orang).


Acara OSMB periode I tahun 2017 ini dihadiri Kepala KDEI Taipei, Robert James Bintaryo, Kepala Bidang Pariwisata dan Perhubungan KDEI, Agung Sepande, Kepala Bidang Ketenagakerjaan KDEI, Devriel Sogia, Wakil Ketua PPI Taiwan, Zaenal Arifin, ketua beberapa organisasi pelajar Indonesia di Taiwan, serta dipantau melalui skype oleh Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh Layanan-Luar Negeri (UPBJJ-LLN) Universitas Terbuka (UT), Maximus Gorky Sembiring.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dilanjutkan penjelasan mengenai Badan Pelaksana (Bapel) UT Taiwan, sambutan-sambutan dan pemaparan tentang administrasi, akademik dan keuangan (pembayaran baiaya kuliah) di UT Taiwan. Sambutan pertama oleh Kepala KDEI Taipei, Robert James Bintaryo. Beliau menyatakan bangga dengan para BMI yang memiliki semangat untuk belajar sambil bekerja. Diharapkan, melalui pendidikan, para BMI bisa meningkatkan harkat dan martabat bangsa Indonesia. Kedepan KDEI akan selalu melayani dan mendukung setiap aktifitas yang dilakukan oleh UT Taiwan maupun mahasiswa, selain itu para mahasiswa baru diminta untuk tetap semangat dalam menempuh pendidikan dan bisa menjaga persatuan dan NKRI. 

“Saya terharu dengan semangat juang Saudara sekalian. Selain memikirkan mencari uang di negeri orang untuk keluarga, Saudara memiliki tekad kuat untuk belajar. Saudara sekalian adalah sosok-sosok pahlawan,” ungkap Robert.

Sementara itu, Kepala UPBJJ UT-LLN menyampaikan sambutan melalui skype. Dalam sambutannya, Gorky mengapresiasi minat belajar yang tinggi dari para BMI Taiwan, serta dukungan dari Badan Pelaksana dan KDEI dalam memfasilitasi perkuliahan bagi BMI di Taiwan ini. “Manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan ini, dan dukungan penuh KDEI Taipei ini untuk belajar dengan sebaik mungkin. Contohlah Kakak-kakak kelas Saudara yang sudah berhasil lulus dari UT Taiwan,” papar Gorky.

Gorky menambahkan, selain kenaikan jumlah mahasiswa baru di UT Taiwan setiap semester, UT Taiwan adalah UT di luar negeri yang memiliki lulusan paling banyak dibandingkan UT luar negeri yang lain. Semester lalu, jumlah mahasiswa UT adalah 40 mahasiswa, dan semester ini meningkat 65 mahasiswa baru. Gorky berharap, nantinya Badan Pelaksana bisa memperluas wilayah pelayanannya di beberapa kota lain di Taiwan. Untuk saat ini, pengurus wilayah UT Taiwan ada di tiga wilayah, yakni Taipei, Chungli, dan Tainan. Sementara lokasi ujiannya ada di dua tempat, yaitu Taipei dan Tainan.
Selain penyambutan kepada para mahasiswa baru, acara OSMB juga menjadi sarana pengenalan sistem belajar di UT. Pada kesempatan tersebut, mahasiswa diberikan penjelasan mengenai urusan akademik, administrasi serta keuangan UT Taiwan. Pembelajaran di UT-Taiwan, selain menuntut kemandirian mahasiswa, juga dibantu oleh tutor yang berasal dari kalangan mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan master maupun doktoral di Taiwan. 

Sumber : Website KDEI