SARANA ADVOKASI & EDUKASI

"FIGHT TO SAVE PMI TAIWAN"

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BP2MI, Agar Selalu Waspada! ~

13 February 2017

Pertemuan Rutin Satgas TKI dan TKS di Taiwan



TAIPEI – KDEI di Taipei kembali mengadakan rapat dengan Satgas (Satuan Tugas) TKI dan TKS (Tenaga Sukarela) pada Minggu, tanggal 12 Februari 2017. Pertemuan berlangsung pukul 11.00 – 16.00 di ruang rapat KDEI di Taipei. 
Pertemuan rutin dilakukan untuk memantau kinerja Satgas dan TKS, sharing informasi dan pengetahuan seputar ketenagakerjaan, keimigrasian, identifikasi kendala-kendala yang ditemukan di lapangan, serta saran dan masukan untuk perbaikan ke depan.
Dalam pertemuan ini Kepala KDEI menyampaikan terima kasih atas kinerja Satgas dan TKS. Berdasarkan data, pada 2016 tercatat sebanyak 1.051 kasus pengaduan kasus yang masuk, di mana sebagian kasus berasal dari Satgas dan TKS. Adapun jumlah kasus yang berhasil ditangani pada 2016 mencapai 92.63%.
Berdasarkan persebaran tim Satgas dan TKS, sekitar 70% wilayah Taiwan telah ter-cover oleh Tim Satgas dan TKS, termasuk wilayah yang jauh seperti Penghu. Ke depan, aka nada upaya agar wilayah lain yang belum ter-cover Satgas dan TKS aka nada perwakilannya di sana, misalnya Taitung.
Dalam pertemuan ini disampaikan tentang statistik TKI di Taiwan yang berisi data penempatan, data trend kasus TKI, isu tentang perpanjangan perjanjian kerja tanpa harus pulang, serta penguatan koordinasi dan kolaborasi dalam upaya peningkatan perlindungan kepada TKI di Taiwan.