SARANA ADVOKASI & EDUKASI

"FIGHT TO SAVE PMI TAIWAN"

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BP2MI, Agar Selalu Waspada! ~

20 April 2019

Pindah agensi, apakah memungkinan ?

Sumber : Google images

Sobat PMI di Taiwan,

Mencoba menjawab pertanyaan dari rekan-rekan tentang pindah agensi !

Selama anda bekerja di Taiwan diikat dengan beberapa ketentuan, salah satunya adalah Anda mempunyai perjanjian dengan agensi, apakah sudah pernah baca contoh perjanjian dengan agensi, jika belum baca ini dulu : https://savepmi.kdei-taipei.org/2018/10/menelusuri-template-perjanjian-antara.html

Pahami dulu ! Nah bagaimana jika memutuskan untuk pindah agensi (tentunya bisa saja) jika sepakat untuk pindah dengan agensinya yang sekarang. Salah satu pihak yang harus sepakat juga adalah majikan Anda, karena majikan anda punya kontrak juga dengan agensi.

Selama anda membayar agensi bulanan, bagaimana dengan kinerja agensi apakah telah menjalankan kewajibannya ? sesuai dengan perjanjian yang disepakati bersama ? atau jangan-jangan tidak dapat merespon ketika anda memerlukan bantuan. Anda dapat pertimbangkan itu sebagai suatu alasan. Tentunya anda sendiri dan majikan yang mengetahui kinerja agensi Anda.

Solusinya adalah agensi, majikan dan PMI harus duduk bersama rundingkan untuk memutuskan pindah atau tidak (jadi tidak bisa sepihak ya).

Semoga menjawab !