SARANA ADVOKASI & EDUKASI

"FIGHT TO SAVE PMI TAIWAN"

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BP2MI, Agar Selalu Waspada! ~

18 March 2020

PENGUMUMAN: Kementerian Ketenagakerjaan Taiwan telah mengeluarkan peraturan baru untuk Pekerja Migran yang bekerja ke Taiwan



Dilansir dari website TETO Jakarta bahwa Pemerintah Taiwan (ROC) pada tanggal 19 Maret 2020 mengeluarkan pengumuman mengenai saran kunjungan pariwisata internasional di Indonesia ditingkatkan menjadi level 3, yaitu menghindari seluruh kunjungan wisata yang tidak diperlukan. Peraturan ini berlaku untuk semua WNA dan Warga Negara Taiwan yang datang dari Indonesia dan akan masuk ke Taiwan dengan penerbangan setelah tanggal 17 Maret 2020, pukul 16:00 waktu Taiwan, diwajibkan untuk melakukan karantina rumah selama 14 hari.
Dalam rangka memperkuat pencegahan COVID-19, Kementerian Ketenagakerjaan Taiwan telah mengeluarkan peraturan baru untuk Pekerja Migran yang bekerja ke Taiwan, dan diterapkan mulai dari tanggal 19 Maret 2020. Dengan rincian sebagai berikut:
  1. Pengajuan visa Pekerja Migran di TETO harus menambah lampiran dokumen berupa Surat Persetujuan Perencanaan Karantina Rumah asli yang dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Taiwan (Catatan: Majikan Taiwan harus mengajukan permohonan surat persetujuan tersebut terlebih dahulu ke Kementerian Ketenagakerjaan Taiwan. Untuk informasi selengkapnya dapat langsung ke official website Kementerian Ketenagakerjaan https://www.mol.gov.tw/announcement/2099/44880/)
  2. Untuk Pekerja Migran yang cuti pulang, Kantor Imigrasi Taiwan tidak akan mengeluarkan Re-entry Permit lagi. Sebelum peraturan karantina dibatalkan, Pekerja Migran yang memutuskan untuk cuti pulang ke Indonesia, tidak diperbolehkan untuk kembali masuk ke Taiwan lagi.
  3. Dalam rangka memperkuat pencegahan COVID-19, kapan pun untuk kedepannya masih akan ada perubahan peraturan pembatasan untuk masuk ke Taiwan. Pekerja Migran, pada saat pengajuan visa dan sebelum berangkat ke Taiwan, dihimbau untuk selalu memperhatikan pengumuman TETO yang terbaru.
Sumber : TETO Jakarta