SARANA ADVOKASI & EDUKASI

"FIGHT TO SAVE PMI TAIWAN"

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BP2MI, Agar Selalu Waspada! ~

15 September 2017

Perhitungan Asuransi Ketenagakerjaan (ASTEK) di Taiwan 2024

Source : google image

Asuransi Tenaga Kerja (ASTEK) tahun 2024 mengalami kenaikan seiring dengan kenaikan gaji semula (2023) gaji PMI formal sebesar NT$ 26.400, maka pada tahun (2024) akan mengalami kenaikan menjadi NT$ 27.470, serta iuran per bulan NT$ 604.

PERTANYAAN SAYA : DARI MANA ANGKA 
NT$ 604 BERASAL ?

ANGKA NT$ 604 tersebut adalah premi astek yang dibayar bulanan oleh PMI sektor formal,


Menurut pemahaman saya setelah menjelajah di website Biro Asuransi, http://www.bli.gov.tw/en/ dapat saya ceritakan hasil penelusuran saya sebagai berikut.
Mari kita mulai :

Gaji PMI sektor Formal sebanyak NT$ 27.470 pada tahun 2024 masuk dalam kategori Grade 1

Komponen pembayaran ASTEK Taiwan bulanan terdiri dari dua :
1)     Employment Insurance Premium,

Referensi : (Employment InsuranceAct, Last Amendment 2022-01-12

Pasal 5
Pekerja yang berusia di atas 15 tahun dan di bawah 65 tahun dengan salah satu status di bawah ini wajib mengikuti program asuransi ketenagakerjaan ini sebagai peserta asuransi melalui pemberi kerja atau organisasi tempatnya bekerja.
1. Warga negara ROC.
2. Warga negara asing, warga negara Tiongkok Daratan, warga negara Hong Kong atau warga negara Makau yang menikah dengan warga negara ROC dan telah mendapatkan izin tinggal yang sah di ROC.

Pekerja yang dipekerjakan seperti yang dijelaskan pada paragraf sebelumnya dengan salah satu status berikut ini tidak memenuhi syarat untuk program asuransi ini:
1. Orang yang diwajibkan oleh hukum untuk mengikuti program asuransi pegawai negeri dan guru atau asuransi personel militer.
2. Orang yang sudah tercakup dalam tunjangan asuransi tenaga kerja untuk orang tua atau pensiun hari tua untuk pegawai negeri dan guru.
3. Orang yang dipekerjakan oleh pemberi kerja atau organisasi yang secara hukum dibebaskan dari pendaftaran bisnis dan pajak bisnis atau secara hukum dibebaskan dari pendaftaran bisnis dan tidak diwajibkan untuk memberikan faktur yang seragam sebagai bukti pembelian.
Orang yang memiliki dua atau lebih pemberi kerja harus mengikuti program asuransi ini melalui salah satu pemberi kerja.

Tabelnya dapat dilihat disini


Catatan : untuk TKA tidak dikenakan premi ini !, ini khusus untuk Pekerja Lokal


2)      Ordinary Insurance Premium of Labor Insurance Shared by the Insured Person dan the Insured Unit,


Tertanggung sebagaimana dimaksud dalam ayat 1, ayat 1 sampai 6, Pasal 6 dan ayat 1, ayat 1 sampai 3, Pasal 8 Undang-Undang Asuransi Tenaga Kerja, tetapi tidak berlaku untuk asuransi ketenagakerjaan, harus membayar premi asuransinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Mulai 1 Januari 2023 dan seterusnya, tarif premi Asuransi Biasa di Asuransi Tenaga Kerja akan dinaikkan dari 11,5% menjadi 12%, namun yang tidak berlaku untuk asuransi ketenagakerjaan, yang tarif premi asuransi biasa di Asuransi Tenaga Kerja akan dikurangi sebesar 1%, yaitu jumlah premi asuransi yang disebutkan dalam Tabel ini dihitung sesuai dengan tarif premi asuransi kecelakaan biasa yang ada sebesar 11% dari asuransi tenaga kerja, dan tertanggung harus membayar 20% dari premi dan tertanggung unit harus membayar 70% dari premi.


Tabelnya dapat dilihat disini atau langsung klik 



====================================================

Gimana cara mencarinya?

He he asli rumit, tapi abaikan yang di atas, saya telah ringkat menjadi tabel berikut, lihat saja hasil akhirnya yang harus dibayar oleh TKI adalah sebesar NT$ 604/ bulan, langsung dipotong dari gaji. 

Berikut Ringkasan Tabelnya (Versi Penyederhanaan).





Semoga bermanfaat.

Referensi : http://www.bli.gov.tw