SARANA ADVOKASI & EDUKASI

"FIGHT TO SAVE PMI TAIWAN"

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BP2MI, Agar Selalu Waspada! ~

19 June 2018

Konser Fildan Rahayu Bersama Pekerja Migran Indonesia di Taiwan



Taichung - Taiwan, (17/06/18) – Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H berlangsung di beberapa kota di Taiwan. Salah satunya di Taichung, sebagai salah kota terbesar ketiga yang banyak dihuni oleh Pekerja Migran Indonesia (PMI). Dalam rangka menjalin silaturahim, persaudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di tanah rantau “Bumi Formosa”, PMI yang tergabung dalam (Komunitas On Air Muslim Indonesia di Taiwan) serta MLF (Miana La Fildan) Taiwan, menggagas acara perayaan Idul Fitri, dengan menghadirkan bintang tamu, Fildan Rahayu, penyanyi dangdut popular, finalis D'Academy Indosiar Musim Ke-4 serta D'Academy Asia (Musim 3) asal Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Fildan tiba di Taiwan, hari Jum’at malam tanggal 15 Juni 2018, dijemput oleh penyelenggara, serta para PMI yang selalu mendukung Fildan tergabung dalam Komunitas “Miana La Fildan Taiwan”, yang diketuai oleh salah satu PMI, Sri Utari.

“Kehadiran Fildan untuk pertama kalinya di Taiwan untuk perform di Taichung, Taiwan bagian tengah guna perayaan Idul Fitri bersama dengan Pekerja Migran Indonesia”, ujar Kadir, Staf Bidang Tenaga Kerja.

Hari Minggu pagi (19 Juni 2018) sekitar pukul 09.00, dengan cuaca yang belum begitu stabil, sesekali gerimis bahkan hujan, para PMI serta fans dari berbagai penjuru Taiwan mulai berdatangan memadati tempat pelaksanaan acara yang terletak di pusat kota yakni Taman Taichung.

Acara ini juga dihadiri oleh Perwakilan Indonesia di Taiwan dalam hal ini Wakil Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei (KDEI Taipei), Bapak Siswadi. Beliau turut menyampaikan selamat hari raya Idul Fitri 1439 H serta himbauan seputar pelayanan dan informasi pelindungan terhadap WNI serta PMI di Taiwan.

Perayaan Idul Fitri ala PMI di Taiwan ini dirangkai dengan istighozah, sholawat, serta tabligh akbar guna memberikan pencerahan serta siraman rohani kepada para PMI yang hadir.

Acara hiburan perayaan Idul Fitri berlangsung meriah dengan penampilan Fildan. Perform music yang dilantunkan oleh Fildan berhasil membakar semangat penonton dengan lagu-lagu andalan seperti Tum Hi Ho, Sajadah Cinta, Sonia, Muskurane, Gerua  serta lagu lainnya yang diikuti serempak oleh penonton. Fildan tampil maksimal dalam unjuk skill main gitar serta membawakan beberapa lagu dengan suara merdu dan khasnya di depan ribuan PMI Taiwan. Sesekali Fildan menyapa dan memberikan semangat kepada para pahlawan devisa tersebut.

Acara berlangsung dengan tertib menjelang sore hari pukul 17.00 waktu Taiwan.
Menurut Data BNP2TKI (Mei 2018), Taiwan saat ini menjadi wilayah tujuan penempatan PMI yang terbesar kedua setelah Malaysia, serta menurut Data Ministry of Labor Taiwan (update April 2018) saat ini PMI di Taiwan berjumlah sebanyak 260,594 orang atau kurang lebih 39 persen dari total Pekerja Migran Asing di Taiwan. Melalui acara perayaan Idul Fitri diharapkan PMI dapat terhibur, terjalin silaturahmi dan persaudaraan diantara sesama PMI serta memberikan semangat dan motivasi dalam bekerja.

Dokumentasi Lain :

Suasana Penjemputan Fildan di Bandara International Taoyuan, Taiwan (15/06/18)








Video selama perform :
https://www.facebook.com/julia.kendarry

Juga diberitakan di :