SARANA ADVOKASI & EDUKASI

"FIGHT TO SAVE PMI TAIWAN"

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BP2MI, Agar Selalu Waspada! ~

09 October 2019

11 PMI tiba bekerja di Taiwan melalui prosedur direct-hiring

Sumber :  Video warta berita PTS 

Dilansir dari PTS news bahwa ada sekitar 200.000 PMI di Taiwan saat ini. Namun kasus pungli agensi terhadap PMI semakin hari semakin meningkat. Guna meringankan perekonomian PMI dan mengatasi masalah PMI kaburan, pemerintah Indonesia meluncurkan “Rencana Pemilihan Pekerja Indonesia-Taiwan.” Hal tersebut mendapat tanggapan dari Shinkong Textile dengan merekrut 11 PMI yang sebagian telah tiba di Taiwan untuk bekerja.
Manajer Utama Shinkong Textile // Qiu Jin-fa mengutarakan, “PMI yang kami rekrut telah berjumlah 11 orang. Pada umumnya bekerja di sektor dasar.”

Semua biaya PMI sebelum keberangkatan ditanggung majikan
Sejak 2015, Kementerian Ketenagakerjaan (MOL) telah mulai bekerja sama dengan Thailand, Vietnam, Filipina terkait sarana “Pemilihan Pekerja” sehingga pihak majikan Taiwan tidak perlu melalui fasilitasi agensi untuk memakai PMA. Aplikasi para PMI pada bulan April yang diposisikan dalam sektor manufaktur telah mulai bekerja pada bulan Juli. Lewat proyek ini, para PMI hanya perlu menanggung biaya paspor. Biaya lainnya termasuk aplikasi visa, medis wajib, asuransi, tiket pesawat serta biaya yang timbul sebelum tiba di Taiwan akan ditanggung oleh majikan. 

Tanpa agensi, biaya direct-hiring menjadi lebih terjangkau
Karena berkurangnya fasilitasi agensi lewat prosedur direct-hiring, banyak biaya menjadi tanggungan majikan, kenyamanan komunikasi dan pengelolaan pun berkurang, sehingga banyak majikan yang enggan menggunakan proses direct-hiring pada masa lalu. Oleh sebab itu, MOL menyatakan, hal ini dapat diproses lewat pusat rekrut tenaga kerja langsung atau aplikasi on-line yang prosedurnya sangat mudah. Mereka berencana membuka kelas terkait aplikasi tersebut agar majikan memahami prosedur direct-hiring. Majikan dapat menghemat sejumlah biaya agensi bila mereka memilih prosedur direct-hiring dan menggunakan uang ini untuk membayar tiket pesawat PMA. Hal ini merupakan situasi win-win baik bagi pihak majikan maupun PMA. 

Para pelamar pekerjaan dapat mendaftar lewat situs on-line: http://jobsinfo.bnp2tki.go.id/ 

Majikan dapat mencari pekerja lewat situs berikut: http://promosi.bnp2tki.go.id/epromosi/modul/tampil/umum/katalog