SARANA ADVOKASI & EDUKASI

"FIGHT TO SAVE PMI TAIWAN"

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BP2MI, Agar Selalu Waspada! ~

31 July 2017

Hadir Website WDA (Versi 5 Bahasa) Guna Pelayanan Informasi Ketenagakerjaaan untuk TKA

Sumber : https://fw.wda.gov.tw

Kini telah hadir website penting untuk kita WNI/TKI di Taiwan. Website informasi ini hadir guna memberikan kemudahan dalam  pelayanan informasi bagi majikan dan pekerja asing yang bekerja di Taiwan, serta mempermudah pelayanan bagi para pekerja asing dengan agen maupun masyarakat. Workforce Development Agency (WDA), Ministry of Labor (MoL) Taiwan telah membuat wadah informasi resmi yang berkaitan dengan hukum ketenagakerjaan beserta regulasi terkait dengan hak dan kepentingan para pekerja asing di Taiwan. Adapun laman resmi ini bernama “Transnational Labor Rights Protection Website” yang dapat diakses melalui link fw.wda.gov.tw. Ada 5 bahasa yang tersedia, yaitu bahasa Mandarin, Inggris, Indonesia, Vietnam, dan Thailand.
Untuk langsung ke Situs berbahasa Indonesia dapat melalui link https://fw.wda.gov.tw/wda-employer/home/index?locale=in atau masuk di website utama hanya dengan mengklik bendera Indonesia.
Saat ini, para pekerja asing di Taiwan umumnya berasal dari 4 negara, yaitu Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Filipina. Dengan kehadiran website tersebut diharapkan dapat membantu para pekerja asing dari berbagai negara yang berbeda dengan berbagai informasi ketenagakerjaan. Itulah latar belakang sehingga MoL Taiwan pun membuat website “Transnational Labor Rights Protection Website” yang dipermudah hanya dengan mengklik bendera negara masing-masing untuk mengakses informasi sesuai dengan bahasa negara para pekerja secara lebih mudah.

Selain itu, website ini juga menampilkan kebijakan perundang-undangan dan hukum, berbagai konsultasi publik, serta saluran informasi jika ada pengaduan. Di saat yang sama, pemerintah juga membangun area yang dapat membantu memberikan berbagai informasi terkait kegiatan-kegiatan para pekerja asing yang diadakan oleh para pemerintah lokal; pihak majikan juga dapat mempergunakan area pelayanan swasta yang memperlihatkan hasil kinerja dari berbagai instansi terkait setiap tahunnya, apakah pihak-pihak pelayanan tersebut memiliki kesalahan atau pelanggaran hukum.

Temukan info-info penting di dalamnya, antara lain yang sudah diposting yakni peraturan yang harus diketahui oleh TKA di Taiwan, Hukum Perlindungan Hewan, dll. 

Yang tak kalah pentingnya adalah dilengkapi layanan konsultasi beserta alamat kantor / instansi pemerintahan di Taiwan. 

Pastikan memilih bahasa Indonesia dulu sebelum lanjut


Layanan Konsultasi, fitur lengkap
Disadur dari : http://news.immigration.gov.tw