SARANA ADVOKASI & EDUKASI

"FIGHT TO SAVE PMI TAIWAN"

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BP2MI, Agar Selalu Waspada! ~

06 March 2017

Pelaksanaan KDEI Mobile Service di Pulau Penghu

Pulau Penghu, 5 Maret 2017. Layanan KDEI Mobile Service bulan Maret 2017 dilaksanakan di Toko Indonesia “INDO JOHNNY” di Pulau Penghu. KDEI Mobile Service merupakan kegiatan KDEI-Taipei dalam memperluas cakupan pelayanan keimigrasian, kekonsuleran, dan ketenagakerjaan ke sejumlah wilayah di Taiwan. Selain ketiga layanan tersebut, dalam rangkaian KDEI Mobile Service kali ini juga dilakukan verifikasi kapal perekrut ABK Nelayan Indonesia, pengajian dan temu diskusi dengan WNI, dan kunjungan kerja ke Kantor Kepolisian Penghu County.
Pada kesempatan tersebut, sejumlah tenaga kerja Indonesia memanfaatkan waktunya pada tanggal 4 Maret 2017 (malam hari) dan tanggal 5 Maret 2017 selama pelaksanaan KDEI Mobile Service, untuk bertemu dan berdiskusi dengan pihak KDEI-Taipei yang memberikan informasi dan jawaban secara menyeluruh.

Pelayanan dokumen keimigrasian dilakukan dengan memberikan sosialisasi dan pemahaman mengenai prosedur permohonan paspor dan penggantian paspor terhadap WNI yang berkunjung ke lokasi pelaksanaan  KDEI Mobile Service. Dalam diskusinya, juga disampaikan informasi biaya dalam pengurusan paspor sesuai dengan aturan yang berlaku, termasuk proses dan mekanisme pengerjaannya. 
Pelayanan kekonsuleran juga diberikan kepada WNI mengenai prosedur dan tata cara administrasi kewarganegaraan, serta perihal lapor diri sebagai mekanisme administrasi kependudukan bagi WNI yang berada di luar negeri. Selain itu, dalam kesempatan tersebut, pihak KDEI-Taipei juga bertemu dan berdiskusi dengan kru kapal Yun Hai yang masih berada di Pulau Penghu pasca kandasnya kapal tersebut dalam perjalanan ke Indonesia.
Pihak KDEI-Taipei juga melakukan diskusi dengan sejumlah tenaga kerja Indonesia yang berkunjung, antara lain respon atas pemberluan aturan baru perpanjangan masa kerja tanpa pulang, permasalahan TKI yang bekerja tidak sesuai kontrak, prosedur perpindahan majikan, prosedur perpindahan agensi, dan proses pengaduan kasus ke KDEI-Taipei.
Dalam kesempatan terpisah, pihak KDEI-Taipei juga melakukan kunjungan ke Kantor Kepolisian Penghu County guna koordinasi terkait penanganan permasalahan yang melibatkan keributan antar WNI, sekaligus diskusi dalam upaya penanganan dan pencegahan kejadian serupa di masa datang.
Dalam kesempatan ini, KDEI-Taipei juga menyampaikan kembali nomor pengaduan “1955” dan nomor pengaduan KDEI-Taipei yang dapat dihubungi. Layanan KDEI Mobile Service berikutnya akan dilaksanakan pada tanggal 30 April 2017 di Toko Indonesia “ZAENAL” di Kaohsiung. Jadwal pelaksanaan KDEI Mobile Service dan KDEI Sunday Service dapat dilihat di website KDEI-Taipei http://www.kdei-taipei.org.

Dokumentasi :