SARANA ADVOKASI & EDUKASI

"FIGHT TO SAVE PMI TAIWAN"

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BP2MI, Agar Selalu Waspada! ~

02 May 2018

Kini, PMI Bisa Perpanjang Kontrak Online Sekaligus Daftar Asuransi BPJS Ketenagakerjaan di Taiwan

Dokumentasi Penyerahan Kartu Peserta BPJS secara simbolis kepada PMI usai demo sistem online
Taipei, KDEI (01/05/18) – Dalam menyambut Hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh tepat 1 Mei 2018, KDEI Taipei meluncurkan Sistem Sistem Informasi Perpanjangan Kontrak yang terintegrasi dengan Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan di Taiwan. Sistem KDEI ini terintegrasi dengan sistem di Indonesia yaitu Asuransi BPJS Ketenagakerjaan & Perbankan, BNP2TKI. 
Sebagai informasi bahwa saat ini total TKI yang bekerja di Taiwan sekitar 259,794 orang. Sebagian dari PMI di Taiwan tersebut kembali bekerja di Taiwan melalui skema perpanjangan kontrak tanpa pulang. Menurut pendataan KDEI Taipei, sekitar ± 25.000 PMI telah melakukan perpanjangan kontrak. 
Manfaat utama system online tersebut diharapkan dapat mempermudah para PMI maupun majikan dan agensi dalam perpanjangan kontrak. 
Soft Launching dilaksanakan di ruang Aula KDEI Taipei Lt. 6 mulai pukul 14.00. Acara dihadiri oleh perwakilan perbankan Indonesia yang ada di Taiwan, perwakilan organisasi PMI, mahasiswa, pers serta homestaff/local staf KDEI Taipei. 
Mengawali sambutannya Kepala KDEI Taipei mengucapkan selamat hari buruh di hadapan hadirin yang mayoritas PMI Taiwan tersebut.dihadiri oleh puluhan PMI di sekitar Taipei, Taoyuan, New Taipei City, Keelung dan sekitarnya, 
 “Kebijakan perpanjangan kontrak tanpa pulang di Taiwan harus difasilitasi karena rekan-rekan PMI tersebar di seluruh Taiwan, kita fasilitasi dengan sistem online perpanjangan kontrak. Selain itu, dalam rangka memberikan perlindungan kepada rekan-rekan PMI yg sedang bekerja di sini sebagaimana telah kita bahas malam minggu kemarin (28/04/18) bersama Timwas TKI DPR RI yang mana salah satu tuntutan PMI adalah pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan di Taiwan tanpa pulang”, tegasnya dalam sambutannya.
Beliau juga menegaskan kepada PMI agar dapat memahami pentingnya terdaftar sebagai peserta asuransi BPJS Ketenagakerjaan dalam rangka sebagai langkah protektif untuk perlindungan selama bekerja di Taiwan. 
Dengan adanya sistem ini tentunya menjawab kekhawatiran PMI selama ini. Nantinya pada saat cuti tidak perlu lagi mendatangi kantor BP3TKI/LP3TKI/P4TKI untuk pendataan / pengurusan asuransi karena semuanya sudah dilakukan terpadu di Taiwan pada KDEI Taipei. Bagi PMI yang akan pulang cuti nantinya tinggal mengurus re-entry permit saja di Imigrasi Taiwan setelah itu tidak perlu lagi berurusan di kantor pelayanan tersebut di atas. Jadi lebih banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga di Indonesia atau urusan lainnya.
Intinya bahwa kehadiran sistem ini dapat mempersingkat waktu dan lebih memudahkan bagi agensi/majikan maupun PMI di Taiwan.
Sehari sebelumnya melalui pengumuman edaran di laman resminya disampaikan bahwa Sistem Online ini hadir dalam rangka peningkatan pelindungan terhadap PMI yang melakukan Perpanjangan Kontrak di Taiwan, yang dipersyaratkan untuk terdaftar dalam program Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan sesuai dengan amanah Undang-Undang No. 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia.
KDEI telah menyiapkan mekanisme pendaftaran. Terdapat dua jenis metode pendaftaran yakni bagi PMI yang baru melakukan Perpanjangan Kontrak terhitung sejak 1 Mei 2018, maka pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan dengan mengakses online system. Sedangkan Bagi PMI yang telah mengurus Perpanjangan Kontrak sebelum 1 Mei 2018, KDEI Taipei akan memfasilitasi penerbitan ID Billing (Kode Iuran) yang diumumkan pada website KDEI Taipei. 
Terkait Pembayaran Program Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan sebagaimana dari kedua metode tersebut adalah menginformasikan ID Billing kepada keluarga di Indonesia, untuk dibayarkan melalui layanan  Bank BNI, BRI atau MANDIRI (Teller, ATM, Internet / Mobile Banking).
Terkait dengan membayar langsung di Taiwan saat ini dapat dilakukan dengan menggunakan Aplikasi BNI Mobile Banking serta  Aplikasi Internet Banking BNI / BRI. 
Dalam masa transisi (manual ke online), pihak PMI masih bisa dilayani untuk pelayanan manual sampai dengan dua minggu kemudian sejak dilaunching sistem online dimaksud.
Dalam edarannya PMI yang melakukan perpanjangan Kontrak di Taiwan dihimbau agar segera melakukan pendaftaran Program Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan.
Dalam rangkaian Soft Launching tersebut dilakukan penjelasan teknis tata cara pemanfaatan system serta juga demonstrasi. Seorang PMI, Supianto tampak senang dengan adanya aplikasi sistem online tersebut.
“Pembayaran BPJS Ketenagakerjaan itu sangat mudah dan tidak ruwet, yang terpenting ikuti instruksinya dengan baik, ruwet itu karena belum coba, ujar PMI yang akrab disapa Mandala.
Acara berlangsung dengan lancar selama soft launching. Selanjutnya adalah KDEI Taipei bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan Perbankan akan melakukan sosialisasi ke beberapa daerah di Taiwan.
Dengan demikian sistem online sudah dapat digunakan sejak tanggal 1 Mei 2018 yang bertepatan dengan hari buruh internasional.
Sumber :