SARANA ADVOKASI & EDUKASI

"FIGHT TO SAVE PMI TAIWAN"

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BP2MI, Agar Selalu Waspada! ~

12 May 2018

Timwas TKI DPR Perjuangkan Nasib Pekerja Migran Indonesia

Dokumentasi Kunjungan di Pelabuhan Patoco, Keelung

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah sekaligus Ketua Tim Pengawas Tenaga Kerja Indonesia (Timwas TKI) DPR  menyerukan untuk memperjuangkan nasib pekerja migran Indonesia, serta mensosialisasikan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UU PPMI) yang baru saja disahkan DPR RI. Hal tersebut diungkapkanya saat Wakil Ketua DPR RI Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) ini bersama dengan anggota Timwas TKI lainnya melakukan Kunjungan Kerja ke Taipei, Taiwan.

“Alhamdulillah dengan Undang-Undang PPMI itu, mudah-mudahan saudara sekalian yang bekerja di luar negara akan mendapatkan hak-haknya sebagaimana mestinya,"ujar Fahri dalam pertemuan dengan para pekerja Migran Indonesia di Taiwan, Rabu (27/4/2018).

Fahri mengakui ada sedikit masalah hubungan diplomatik luar negeri antara Indonesia dengan Taiwan, dengan adanya One China Policy (kebijakan satu Cina). Kendati demikian, Indonesia sangat menghormati posisi tersebut. Sehingga hal itu tidak mengurangi ikhtiar negara dan bangsa kita, untuk mengintegrasikan perlindungan bagi seluruh pekerja Indonesia yang berada di luar negara.

“Maka, kehadiran Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) ini sebagai salah satu ikhtiar kita yang kuat, yang Insya Allah dengan Undang-Undang yang baru nanti peran dan posisinya semakin diperkuat, sehingga seluruh hak-hak warga negara, apa pun itu dapat terselesaikan sebaik-baiknya," harapnya

Oleh karena itu, Anggota DPR dapil Nusa Tenggara Barat (NTB) itu berharap kepada pekerja migran Indonesia lebih banyak ingin tahu, berkonsultasi dan saling berkomunikasi secara terbuka, sehingga tidak ada masalah yang disimpan sendiri.

"Kalau stres, jangan disimpan sendiri. Harus saling terbuka satu sama lainnya. Sekali lagi, kita adalah keluarga besar bangsa Indonesia, marilah kita kembangkan kultur kerja sama sehingga bisa saling membantu. Negara akan membantu semua warga negaranya, karena tujuan bernegara adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia," ucap Fahri.

Selain bertemu dengan para pekerja MIgran Indonesia, Timwas TKI DPR juga menggelar pertemuan dengan sejumlah pihak seperti Pejabat Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI), PMI, dan Asosiasi ABK Indonesia.

Keesokan harinya, Jumat (27/4/2018) Timwas TKI DPR yang terdiri dari Wakil Ketua Komisi IX Saleh Partaonan Daulai (F-PAN), Ichsan Soelistio (F-PDIP), Amelia Anggraini (F-NasDem), Ahmad Zainuddin (F-PKS), Muhammad Iqbal (F-PPP), Harry Mirazdi (F-Gerindra), dan Dave Laksono (F-PG) ini juga melakukan pertemuan dengan Ombbudsman Taiwan, PJTKI Taiwan, Asosiasi Agency ABK Taiwan. Kemudian di Sabtu (28/4/2018) direncanakan akan melakukan sejumlah pertemuan yakni dengan PMI, kunjungan ke shelter PMI di Taipei, dan kunjungan ke Pelabuhan ABK.

Sumber rilis : http://www.dpr.go.id