SARANA ADVOKASI & EDUKASI

"FIGHT TO SAVE PMI TAIWAN"

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BP2MI, Agar Selalu Waspada! ~

11 April 2017

Berapakah Upah Lembur Pekerja Sektor Formal di Hari Libur ?


Merujuk pada kebijakan baru di Taiwan yang termaktub dalam Labor Standards Act ( 2018.01.31 Modified ) disebutkan dalam Pasal 36. Setiap tujuh hari pekerja memiliki dua hari istrahat, satu hari untuk liburan dan satu hari untuk istirahat.

 Ilustrasi : google

Sesuai dengan Pasal 36 tersebut dijabarkan bahwa dalam hal Pemberi Kerja memerlukan pekerja bekerja pada hari libur, maka waktu kerja tersebut akan dihitung ke dalam jumlah perpanjangan waktu kerja sebagaimana dimaksud pada Pasal 32 paragraf kedua sbb : Perpanjangan waktu kerja yang tersebut di atas ditambah dengan waktu kerja normal tidak boleh lebih dari 12 jam sehari, dan perpanjangan waktu kerja tidak boleh lebih dari 46 jam sebulan, kecuali setelah mendapat persetujuan dari Serikat Buruh (jika Unit Lembaga tidak ada Serikat Buruh, dapat disetujui melalui rapat antara pekerja dan majikan), Pemberi Kerja dapat memperpanjang waktu kerja dengan tidak melebihi 54 jam sebulan, dan tidak melebihi 138 jam setiap tiga bulan.



Pasal 24 menjelaskan bahwa Bila Pemberi Kerja perlu pekerja bekerja pada hari libur sebagaimana dimaksud pada Pasal 36, maka pembayaran upah lembur untuk bekerja dalam waktu 2 jam akan ditambah satu dan sepertiga atau lebih menurut upah per jam pada hari kerja; setelah 2 jam masih meneruskan pekerjaan, upah lembur akan ditambah satu dan dua pertiga atau lebih menurut upah per jam pada hari kerja.  


Simak ilustrasi berikut ini :

GAJI : NT$ 23,100



Catatan :

*) Simulasi jika hari Libur Bekerja selama 8 Jam total sebesar NT$ 1,212, jika bekerja kurang dari 8 jam maka  dihitung berdasarkan berapa jam PMI kerja, contoh hanya 4 jam berarti totalnya (128+128+159+159=NT$ 574), artinya berdasarkan jam yang dilewati disesuaikan dengan rumus.




Bila terjadi perhitungan yang tidak sesuai dengan ketentuan silahkan konsultasikan dengan agensinya, bila tiada solusi boleh konsultasi ke 1955, konseling Disnaker terdekat atau KDEI di Taipei.


Simak juga postingan sebelumnya perhitungan-jam-lembur-gaji-lembur-tki


Terima kasih semoga bermanfaat.
Salam Sukses "PMI Taiwan Hebat"