SARANA ADVOKASI & EDUKASI

"FIGHT TO SAVE PMI TAIWAN"

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BP2MI, Agar Selalu Waspada! ~

11 April 2017

Tabel Rincian Pengeluaran dan Pemasukan TKI Jabatan Perawat Orang Sakit/PLRT

Sumber : singaporeofw.com


Tabel Rincian Pengeluaran dan Pemasukan PMI untuk Jabatan Perawat Orang Sakit/PLRT (dalam periode kontrak 3 tahun) dapat dilihat dalam ilustrasi sebagai berikut :



Keterangan Singkatan :
MCU = Medical Check Up
ARC = Allien Residence Certifiicate

NB :  Tabel ini hanya ilustrasi, bisa berbeda dengan kondisi yang ada pada masing-masing TKI, namun angka yang tertera tersebut adalah angka pasti sesuai dengan ketentuan Taiwan. 

Bila menemukan SLIP Gajinya, angka potongan lebih tinggi atau masih menemukan gaji pokok lebih kecil (periode kontrak di atas September 2015) maka laporkan ke KDEI di Taipei !. 


Sebagai informasi bahwa Gaji sektor domestik naik sejak September 2015, di bawahnya sebagian masih ada yang menggunakan angka NT$ 15,840. Namun jika berhasil negosiasi dengan majikannya sah-sah jika GAJI POKOKNYA melebihi angka NT$ 17,000


 Catatan :
  1. Gaji PMI sektor informal pada dasarnya tergantung pada negosiasi atau kesepakatan dengan majikan namun tidak boleh kurang dari gaji pokok kotor NT$ 17.000.
  2. Kenaikan Asuransi Kesehatan di Taiwan  berlaku untuk semua sektor pekerjaan di Taiwan sejak 1 Januari 2019, dengan besaran mengikuti standar minimal yang ditetapkan oleh National Health Insurance Administration, Minister of Health and Welfare
  3. Asuransi Tenaga Kerja, Uang Makan, dan Ketentuan Lembur di hari Sabtu tidak berlaku karena jabatan domestic tidak dicover dalam Standar Labor Act Taiwan.
  4. Untuk PMI yang melakukan perpanjangan kontrak letak perbedaannya adalah jika menggunakan agensi maka biaya pelayanan flat menjadi NT$ 1,500 / bulan, dan jika tanpa agensi maka free (NT$ 0) dari biaya pelayan.