SARANA ADVOKASI & EDUKASI

"FIGHT TO SAVE PMI TAIWAN"

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BP2MI, Agar Selalu Waspada! ~

23 November 2018

Dari Konstruksi ke Ayam Penyet : Kisah Sukses Seorang Mantan PMI


Tim Kehumasan dan Pemberdayaan TKI Purna berfoto Bersama di Depan Warung Ayam Penyet Mantan PMI
Sumatera Utara, BNP2TKI, Jumat (22/11/2018)___Namanya Indra, biasa sering dipanggil Gomes. Pemuda asal Kabupaten Langkat, Sumatera Utara ini merupakan TKI Purna yang pernah bekerja di Malaysia di bidang konstruksi selama 7 (tujuh) tahun dari tahun 2007 sampai tahun 2014.

Indra merupakan alumni dari Bimbingan Teknis (Bimtek) TKI Purna Angkatan I yang diselenggarakan oleh BP3TKI Medan di Kabupaten Langkat Tahun 2017. Pada Angkatan I tersebut, Bimtek yang dilaksanakan adalah Fermentasi Makanan Ternak. Walaupun bukan kegiatan Bimtek tersebut yang dipraktekkan Indra, namun motivasi-motivasi yang disampaikan oleh narasumber membuat pandangannya mengenai wirausaha mulai terbuka.

Indra mulai membuka usaha warung makan dengan nama ‘Ayam Penyet Nang Gomes’ pada awal tahun 2018 dengan sewa ruko 4,5 juta per tahun. Menu andalan dari warung ayam penyetnya adalah Ayam Bakar Madu dan Ayam Geprek Balado. Rata-rata omset Indra mencapai 1 juta/hari.

“Pendapatan rata-rata satu juta lah sehari. Kalau lagi ramai bisa dua juta, dua juta lima ratus, pernah juga 800 ribu. Tapi rata-rata sejuta lah kak, alhamduliah,” ujar Indra

Indra sangat bersyukur dengan keputusannya membuka usaha kuliner ini. Pendapatannya cukup dan ia bisa mempekerjakan pemuda setempat di Warung Ayam Penyet yang berlokasi di Desa Karang Sari, Kecamatan Tanjung Putus, Kabupaten Langkat tersebut.

Indra pun memiliki cita-cita untuk bisa membuka bisnis kulinernya ini di Malaysia terutama untuk para PMI, karena menurutnya sangat menjanjikan. Pemikirannya tersebut berdasarkan pengalamannya bekerja di Malaysia, dimana banyak PMI disana lebih suka makanan khas Indonesia dibandingkan makanan Malaysia walaupun terkadang harganya lebih mahal.

Indra merasa beruntung telah mengikuti Bimtek TKI Purna yang diadakan oleh BP3TKI Medan dan berharap banyak TKI Purna yang mau mengikuti langkahnya untuk memulai usaha secara mandiri

Sumber : BNP2TKI